Jumat, 09 November 2018

Artikel Kerangka Kerja Sistem Infromasi


Kerangka Kerja Sistem Informasi

Bidang sistem informasi melintasi banyak teknologi kompleks, konsep keperilakuan yang abstrak, dan aplikasi khusus dalam bidang-bidang bisnis serta nonbisnis yang tidak terhitung jumlahnya. Sebagai seorang manajer atau praktisi bisnis, anda tidak harus menyerap semua pengetahuan ini. Gambar di bawah ini memperlihatkan kerangka kerja konseptual yang berguna untuk mengatur pengetahuan yang disajikan dalam bacaan ini dan memberi garis besar tentang hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai sistem informasi



1. Konsep-konsep dasar

Konsep dasar keperilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan pernanan sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar berasal dari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.


2. Teknologi Informasi
Konsep-konsep utama, pengembangan dan berbagai isu manajemen teknologi informasi, meliputi hardware, software, jaringan, manajemen sumber daya (data) dan teknologi berbasis internet.

3. Aplikasi Bisnis
Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif. Aplikasi teknologi informasi dlam bidang fungsional bisnis seperti pemasaran, produksi, dan akuntansi serta aplikasi perusahaan lintas fungsi seperti manajemen hubungan dengan pelanggan dan perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise resource planning-ERP). Aplikasi e-commerce yang kebanyakan digunakan perusahaan untuk membeli dan menjual berbagai produk di internet. Penggunaan sistem informasi dan teknologinya untuk mendukung pengambilan keputusan dalam bisnis.

4. Proses pengembangan
Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencankan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis. Metodologi pengembangan siklus hidup pengembangan sistem dan pendekatan prototype untuk pengembangan aplikasi bisnis, juga memahami berbagai isu bisnis yang terdapat dalam pengembangan SI.

5. Tantangan Manajemen
Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan dan global dalam bisnis. Tantangan keamanan dan berbagai isu manajemen keamanan dalam penggunaan teknologi informasi.



Kesimpulan :  untuk menciptakan kinerja system informasi yang lebih structural dibutuhkan kerangka kerja sistrem infromasi, pada tahap pertama berkaitan dengan konsep terlebih dahulu, karena untuk menciptakan sesusatu harus membutuhkan konsep agar lebih terstruktu, selanjutnya tahap teknologi infromasi, dimana pada tahap ini menentukan software ataupun hardware yang akan digunakan, lalu aplikasi bisnis yaitu bagaimana cara software dan hardware yang sudah di siapkan sebelumnya dapat digunakan semestinya, lalu tahap proses pengembangan, dimana aplikasi yang sudah dibuat di evaluasi dan dikembangkan sesusai kebutuhan dan tahap yang terakhri adalah tantangan SI salah satunya tantangan dalam keamanan system informasi tersebut agar selalau aman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar