Sabtu, 15 April 2017

Macam Macam Tool Pembuatan Animasi

MACAM MACAM TOOL PEMBUATAN ANIMASI



1.     MACROMEDIA FLASH
Macromedia Flash adalah sebuah program mutimedia dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat aplikasi-aplikasi unik, animasi-animasi interaktif pada halaman web, film animasi kartun, presentasi bisnis maupun kegiatan. Disamping itu, tidak menutup kemungkinan juga dengan menggunakan secara optimal kemampuan penggunaan fasilitas menggambar dan bahasa pemrograman pada Flash (action script) ini kita mampu membuat game-game yang menarik.

                Manfaat:
1.       Iklan Animasi : aplikasi Macromedia Flash sangat cocok dan pas sebagai alat pembuat animasi seperti contoh untuk membuat kartu ucapan yang gerak atau online,iklan gerak,kartun dan masih banyak lagi di dalam aplikasi ini banyak di sediakan elemen animasi yang sangat lengkap dan detail.
2.       Game : aplikasi Macromedia Flash juga mampu di pergunakan sebagai alat membentuk game dua dimensi game yang nantinya akan menggabungkan animasi flash yang akan di gabung dengan actionscript akan membuahkan hasil game yang modern.
3.        User Interface : aplikasi Macromedia Flash dapat di pergunakan untuk membangun flash aplikasi yang biasanya dengan basis web yang nantinya akan di lengkapi dengan berbagai navigasi yang sangat sederhana.
4.       Flexible Messaging Area : aplikasi Macromedia Flash mampu di rancang untuk membuat atau menampilkan pesan yang selalu berubah setiap wakti di dalam web page seperti wesite yang selalu menampilkan menu atau data terus berubah alias selalu update seperti website jualan atau restoran.
               
                Keunggulan:
a.       mudah dipelajari bagi seorang pemula yang masih awam dengan dunia desain.
b.      pengguna dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan bebas sesuai dengan alur adegan yang dikehendaki
c.       dapat menghasilkan file yang ukurannya kecil. Karena Flash menggunakan animasi yang berbasis vektof
d.      Macromedia Flash menghasilkan file bertipe (ektensi). FLA yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversikan menjadi bertipe .swf, .html, .gif, .png, .exe, .mov.


System rekomendasi
a.       Sistem operasi : Microsoft Windows , Mac OS X , Linux , Solaris , Symbian , Windows Mobile , Ubuntu, Netbook Edition (Optional), Maemo Microsoft Windows , Mac OS X , Linux , Solaris , Symbian , Windows Mobile , Ubuntu Netbook Edition (Opsional), Maemo
b.      Persyaratan hardware : Intel ® Pentium ® 4 3.2GHz prosesor (dual prosesor Intel Xeon ® direkomendasikan), 2GB RAM (4GB disarankan), 1Gb Ethernet card, sementara Adobe ® Flash ® Media Server berjalan pada perangkat keras 64-bit, hal ini memerlukan sebuah sistem operasi 32-bit atau sistem operasi 64-bit yang mendukung program-program 32-bit.

2.     3D STUDIO MAX
3D Studio Max(kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
         3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

Kelebihan:
a.       Hasil yang dihasilkan dengan 3D Max lebih bagus dari pada aplikasi lainnya
b.      Dapat menambahkan fitur efek-efek khusus seperti efek cahaya, bayangan, kabut dll
c.       Dapat menjalankan proses animasi sesuai dengan keinginan pengguna
d.      Tools yang dimiliki banyak dan support oleh banyak program lainnya

Kekurangan
a.       Untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan
b.      Kamera yang terdapat di 3D Max sulit untuk di atur

System Rekomendasi
a.       Sistem operasi: 32-Bit 3ds Max 2011 atau 3ds Max Design 2011 untuk Windows, Windows ® 7 Professional, Microsoft ® Windows Vista ® Business (SP2 atau yang lebih tinggi), atau Microsoft ® Windows ® XP Professional (SP2 atau yang lebih tinggi).
b.      Persyaratan Hardware : Intel ® Pentium ® 4 1,4 GHz atau AMD ® setara dengan teknologi prosesor SSE2,2 GB RAM (4 GB recommended) 2 GB RAM (4 GB direkomendasikan), 2 GB swap space (4 GB recommended), 2 GB swap space (4 GB direkomendasikan), GB free hard drive space 3 GB free hard drive space, Direct3D® 10 technology, Direct3D 9, or OpenGL®-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB or higher recommended) Direct3D ® 10 teknologi, Direct3D

3.     BLENDER 3D
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
               
                Kelebihan :
a.       Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
b.      Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
c.       Tidak berat saat melakukan render
d.      Dan mudah untuk digunakan

Kekurangan :
a.       Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
b.      Tampilan cukup berantakan
c.       Semua proses dilakukan dengan manual

Spesifikasi :
a.       Minimum sistem:
·         32-bit dual core 2Ghz  CPU with SSE2 support.
·         2 GB RAM
·         24 bits 1280×768 display
·         Mouse or trackpad
·         OpenGL 2.1 compatible graphics with 512 MB RAM
b.      Rekomendasi Sistem:
·         64-bit quad core CPU
·         8 GB RAM
·         Full HD display with 24 bit color
·         Three button mouse
·         OpenGL 3.2 compatible graphics with 2 GB RAM


KESIMPULAN
            Dari ketiga diatas, saya lebih memilih aplikasi blender dikarenakan fiturnya yang lengakap dan aplikasi yang gratis, walaupun tampilan interfacenya masih membingungkan, dan spesifikasi pc yang dibutuhkan juga bisa dijalankan di minimum sistem operasi. Namun ketiganya sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing masing aplikasi, sehingga tergantung dari pemakai lebih cocok menggunakan aplikasi yang nyaman digunakan.s
               










Tidak ada komentar:

Posting Komentar