Minggu, 15 Januari 2017

Artifical Intelgence dan Robotik

TUGAS 4
RANGKUMAN PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS




FARHAN MUHAMMAD R A
13114958
3KA26

UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2016/2017


A.    ARTIFICAL INTELEGENCE
1.      PENGERTIAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.
Adapun pengertian Artificial Intelligence menurut para ahli:
a.       Menurut John McCarthy, 1956.
Kecerdasan buatan digunakan untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia
b.      Menurut Minsky, 1958.
Kecerdasan buatan adalah suatu ilmu yang mempelejari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia.
Sumber Referensi :
2.      PERBEDAAN KECERDASAN BUATAN DAN KECERADASAN ALAMI

Kelebihan Kecerdasan Buatan :
1.        Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah selama sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
2.        Kecerdasan buatan Lebih murah. Dalam menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan murah dibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
Kelebihan Kecerdasan Alami :
1.        Kecerdasan alami lebih kreatif dibandingkan kecerdasan buatan, karena manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
2.        Kecerdasan alami memungkinkan seseorang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan menginput simbolik.
3.      SEJARAH KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan buatan termasuk bidang ilmu yang relatif muda. Pada tahun 1950-an merupakan periode usaha aktif dalam AI dimana para ilmuan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan turing, merupakan seorang matematikawan Inggris pertama kali yang mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebut kemudian dikenal dengan Tuning Test, dimana si mesin menyamar seolah-olah sebagai seseorang didalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Tuning beranggapan bahwa jika mesin dapat mambuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas ( seperti layaknya manusia).
4.      DASAR-DASAR KONSEP ARTIFICIAL INTELLIGENCE
1.    Thinking Humanly : The cognitive meodeling approach
2.    Acting Humanly : The Turing Test Approach
3.    Thinking Rationally : The “Laws of Thought” Approach
4.    Acting Rationally : The Rational Agent Approach
5.      DISPLIN ILMU SUB BAGIAN DARI ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Persoalan-persoalan yang mula-mula ditangani oleh Kecerdasan Buatan adalagh pembuktian teorema dan permainan (game). Seorang periset Kecerdasan Buatan yang bernama Samuel menuliskan program permainan catur tidak hanya sekedar bermain catur, namun program tersebut juga dapat menggunakan pengalamnya untuk meningkatkan kemampuannya. Sementara itu, Newell, seorang ahli teori logika berusaha membuktikan teorema-teorema matematika.
 Sumber Referensi :
B.     ROBOTIC
Robot adalah agen – agen fizikal yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk melakukannya, dilengkapi dengan effectors seperti kaki, roda, sendi, dan grippers.
Tiga Kategori utama robot:
a.       Manipulator
b.      Mobile Robot
c.       Mobile Manipulator
Sensor Terbagi dari 2:
1.      Sensor Pasif
2.      Sensor Aktif
Berikut adalah beberapa aplikasi dominan utama untuk teknologi robot, yaitu:
1.      Industri dan pertanian
2.      Angkutan.
3.      Mobil Robot
4.      Kesehatan
5.      Lingkungan Yang berbahaya
6.      Eksplorasi
7.      Hiburan
8.      Augmentasi Manusia.






KESIMPULAN
Di era modern ini perkembangan teknologi sangatlah pesat sehingga manusia menciptakan suatu teknologi kecerdasan buatan, kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Salah satu contoh kecerdasan buatan yang diciptakan manusia adalah Robot.

Robot adalah agen – agen fizikal yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik, yang bisa memudahkan pekerjaan manusia . Robot telah di gunakan dalam berbagai macam bidang , yaitu industri pertanian, angkutan, mobil robot, kesehatan, lingkungan berbahaya, eksplorasi, Hiburan, dan Augmentasi Manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar